Candi Gedong Songo Semarang, Candi yang Menghilang



    Candi Gedong Songo adalah komplek Candi yang berada di desa Darum, Kelurahan Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Gedong Songo dalam bahasa Jawa berarti Gedung Sembilan karena konon katanya, total Candi di sini berjumlah 9 candi. Tapi kenyataannya sekarang, Candi Gedong Songo cuma ada 7 candi yang terbagi ke dalam 5 komplek.


    Saat sobat memasuki area Candi Gedong Songo, sobat akan menemukan gapura Selamat Datang dan di belakang sobat terdapat komplek Candi Gedong Satu. Candi ini hanya terdiri dari 1 buah Candi dan jarak dari pintu masuk sangat dekat. Hanya perlu berjalan sebentar untuk menemukan Candi Gedong 1 ini.


    Selanjutnya adalah komplek Candi Gedong 2. Dari Candi gedong 1, sobat akan diuji kekuatannya karena letak Candi ke dua berada cukup jauh dari Candi Gedong 1, sekitar 500 meter. Sobat akan menemukan 2 jalur yang terpisah, jalur hiking dan jalur kuda. Jalur hiking akan berbelok ke kanan melalui bukit dan warung-warung makan di pinggir jalan. Jadi sobat gak perlu khawatir, kalo kecapekan bisa rehat sebentar di warung tersebut. Sementara untuk jalur kuda ada di sebelah kiri dan letaknya cukup berjauhan.


    Bagi sobat yang gak mau ber capek-capek ria atau udah kecapekan buat jalan kaki, di sini juga disediakan penyewaan kuda untuk berkeliling candi. Gak usah khawatir, dijamin aman karena sobat akan didampingi penjaganya. Sobat bisa menyewa kuda tersebut untuk sekedar menuju candi-candi tertentu atau berkeliling seluruh candi dengan tarif sekitar 25.000 sampai 75.000 rupiah.


    Komplek Candi Gedong 2 tak jauh berbeda dengan Gedong 1, di sini hanya ada 1 buah candi ynag berdiri kokoh di ketinggian. Instagrammable banget deh buat foto-foto. Di komplek  ini juga terlihat beberapa bekas candi yang rusak.


    Jalan lagi sebentar, sobat akan menemukan Candi Gedong 3. Komplek Candi Gedong 3 masih cukup utuh dengan 3 buah candi. Di depan komplek Candi Gedong 3 sobat akan melihat kepulan uap air yang berasal dari bumi. Kalo sobat ingin merasakannya, sobat bisa turun sekitar 100 m dan akan menjumpai kolam air hangat alami. Selain itu, sobat juga bisa merasakan uap air panas dan aroma belerang jika sobat turun ke bawah lagi dan menelusuri semacam kawah di sekitar nya.


    Setelah puas dengan uap air panas dan belerang, sobat akan berjalan mengitari bukit untuk menuju ke Candi Gedong 4. Jarak dari Candi Gedong 3 cukup jauh, pastikan sobat membawa air minum biar gak kehausan selama berjalan mengelilingi area candi. Candi Gedong 4 hanya berupa 1 buah candi yang berdiri sendiri di atas bukit.


    Berjalan beberapa menit, sobat akan menjumpai Komplek Candi Gedong 5. Letaknya gak begitu jauh dari Candi Gedong 4. Tapi, Candi Gedong 5 hanya berupa 1 buah candi kecil yang tampak rusak.

    Setelah sobat lelah berpetualang dan berjalan-jalan mengitari area Candi Gedong 9, sobat bisa mampir sebentar untuk makan dan melepas lelah di warung-warung yang tersedia. Mau belanja buat oleh-oleh? Di area Candi juga ada banyak warung yang menjual oleh-oleh khas Semarang.


    Rute menuju ke tempat ini sangat mudah, sobat tinggal mengikuti arah jalan Semarang dan menuju ke Ungaran, setelah itu ambil arah ke Bandungan dan sobat akan menemukan papan penunjuk jalan menuju Candi Gedong Songo. Tiket masuk ke Candi Gedong Songo hanya Rp 7.000,00 dan buka dari jam 6 pagi sampe jam 5 sore.

Related Posts:

0 Response to "Candi Gedong Songo Semarang, Candi yang Menghilang"

Post a Comment