Tips Camping di Pantai ala Backpacker Low cost



    Kali ini, Three bakal ngasih tau sobat semua tips camping di pantai yang murah, aman, nyaman dan seru abis pokoknya. Three juga bakal ngasih rincian biaya yang harus sobat keluarin dari rumah sampai kembali lagi ke rumah. Tips ini berdasarkan pengalaman Three sendiri sih, waktu dulu ngecamp di Pantai Siung Gunung Kidul menggunakan sepeda motor dari Solo.

Peralatan yang harus disiapkan :

1. Tenda Dome




    Pilih tenda dome yang sesuai dengan jumlah orangnya. Jangan sampai kegedean apalagi kekecilan. Ada macam-macam jenis dan ukuran tenda dome, dari yang untuk 2 orang sampe 1 RT bisa masuk. Hehe, lebay deh. Maksudnya bisa untuk 6 orang. Pilih tenda dome yang berbahan parasut, selain tidak kena hujan juga lebih hangat saat malam hari.

2. Sleeping Bag



    Kalau bisa, pilihlah sleeping bag yang bisa di buka melebar, jadi ngirit barang bawaan gak harus bawa matrass. Cukup 1 sleeping buat alas duduk sama alas tidur bareng-bareng di tenda. Selain empuk, juga gak makan banyak tempat waktu dibawa.

3. Tas Carrier





    Usahakan pakai tas carrier yaa sobat, biar barang-barang nya mudah dibawa dan bisa masuk semua. Tas ini punya banyak ukuran, model dan jenis nya. Ada yang ukuran 30 liter, 40 liter, 50 liter, 60 liter atau 70 liter. Tinggal disesuaikan aja dengan kebutuhan sobat. Tapi kalo gak punya tas carrier, ya pakai tas ransel yang gede juga gak papa. Tapi otomatis barang bawaannya juga harus super simple biar gak makan banyak tempat.

4. Baju Ganti



    Yang ini hukumnya wajib dibawa, baju ganti dan underwear pastinya. Bawa baju ganti secukupnya aja, gak usah satu lemari juga dibawa. Misal nih ngecamp nya cuman 1 malam, ya bawanya cukup 2 baju ama 1 celana ganti aja. Gak usah banyak-banyak, kaya mau pindahan aja. :D

5. Makanan dan Minuman



    Jangan lupa bawa makanan dan minuman dari rumah. Biasanya sih mie instan sama air mineral yang ukuran nya 1,5 liter buat 1 orang. Three saranin sih mie nya mie gelas atau pop mie aja yang lebih simple, tinggal minta air panas di warung deket pantai kan banyak tuh. Bawa  snack juga buat cemilan, kan enak tuh menikmati indahnya pantai sambil ngobrol dan ditemani cemilan. Sungguh surga dunia, haha.

6. Powerbank



    Yups, powerbank! Ini barang yang teramat penting dibawa saat lagi travelling, apalagi camping. Secara gitu hlo ya, dipantai gak mungkin ada colokan buat ngecharge Hp atau kamera. Three saranin sih selama camping di pantai, data seluler Hp di non aktifkan aja biar hemat battery. Secara kan ya, di pantai juga susah signal. 

7. Tissue Basah, Tissue Kering, Gunting, Kantong Plastik dan semacamnya



    Tissue? Iya, tissue. Tissue basah dan tissue kering, buat ngelap tangan yang kotor abis bermain kotor-kotoran juga buat nyeka keringet dan debu di wajah setelah bermain pasir di pantai. Kebersihan itu tetep nomor 1, karena kebersihan sebagian dari iman. Apalagi kita lagi di alam, kebersihan harus dijaga. Semua kotoran dan sampah di simpan sendiri di kantong plastik biar gak ngotorin pantai. Nah pas pulanh, dibawa pulang deh buat oleh-oleh. Hehe. Gak lah, di bawa pulang terus di buang di tempat sampah. Save the world bro.

8. Peralatan Mandi




    Bawa handuk, shampoo, sabun, sikat gigi, dan kawan-kawannya ya sob buat mandi. Meskipun disana ada warung yang menyediakan segala kebutuhan tersebut, tapi tetep aja namanya backpacker. Sebisa mungkin bawa dari rumah, gak 
usah beli. Bungkus kemasan nya jangan lupa dimasukin ke kantong plastik juga. Inget, Dilarang Mengotori Pantai!

9. Sendal



    Buat jaga-jaga aja kalau-kalau sepatunya soak ditengah jalan. hehe.. Gak juga sih, maksudnya kalau lagi ujan kan bisa pakai sendal. Sayang kan sepatunya jadi basah. Kalau lagi dipantai juga enaknya pake sendal, lebih nyaman dan tahan air pastinya.

10. Jas hujan atau ponco




    Seperti kata pepatah, sedia payung sebelum hujan. Buat jaga-jaga kalau hujan, jadi wajib dibawa nih.

11. Jaket




    Inget, di pantai kalau malam hari anginnya lumayan kenceng. Meskipun gak sekenceng di gunung, tapi kan lumayan dingin juga. Jadi jaket wajib dibawa saat ngecamp.

11. Uang




    Ya iyalah, masak iya camping gak bawa uang. Mau bayar pake apa an, haha. Tapi bawa uangnya gak usah banyak-banyak juga, inget low cost. Kalau bisa gratis, kenapa harus bayar. :D


    Itu tadi perlengkapan apa aja yang harus dibawa saat camping di pantai. Nah, dibawah ini Three akan tampilkan rincian biaya yang harus dikeluarkan buat camping (berdasarkan pengalaman pribadi Mei 2016 kemarin)

RincianJumlahBiaya
Tenda130k
BensinFull tank20k
Sleeping bag110k
Kamar mandi2 orang5k x 2 = 10k
Parkir motor15k
Tiket masuk2 orang10k x 2 = 20k
Retribusi tenda110k
Makanan dan minuman2 orang20k
Total2 orang125k


    Cukup dengan uang 125ribu berdua udah bisa camping sehari semalam di pantai, seru, seneng dan enak lagi. So, gak usah takut gak punya uang buat camping.

    Semoga bermanfaat..


Related Posts:

0 Response to "Tips Camping di Pantai ala Backpacker Low cost"

Post a Comment