Menikmati Indahnya Landasan Pacu Paralayang Ganthole Wonogiri



    Mendengar kata Ganthole sepertinya sudah tak asing lagi bagi kita. Tempat ini sekarang sangat ngehits dan populer dikalangan remaja karena tempatnya yang tinggi dan dapat melihat view Waduk Gajah Mungkur dari ketinggian.

    Ganthole merupakan sebuah bukit yang digunakan sebagai landasan pacu pecinta olahraga paralayang. Jangan heran jika berkunjung ke tempat ini, sobat menjumpai orang-orang yang sedang dan akan melakukan olahraga paralayang. Namun, Ganthole sekarang tidak terlalu sering digunakan sebagai landasan pacu paralayang karena telah diubah menjadi tempat wisata dan pecinta selfie.



    Landasan Ganthole sendiri ada 2, yakni Ganthole 1 dan Ganthole 2. Lokasi Ganthole 2 berada jauh lebih tinggi dan medan untuk mencapai nya juga lebih sulit. Jalan yang menanjak hingga mencapai kemiringan 70 derajat dan jalan aspal yang rusak serta sempit membuat sobat harus extra hati-hati dan waspada. Three sarankan untuk menggunakan sepeda motor dan harus benar-benar prima.



    Sementara Ganthole 1 berada di bawahnya. Jalan menuju kesini pun tak se ekstrim Ganthole 2 karena berupa jalan aspal yang mulus. Jalannya sama dengan jalan ke Ganthole 2, hanya saat menjumpai SD di perempatan jalan, ambil jalan yang beraspal ke arah kanan. Ikuti saja jalan nya sampai menemukan Ganthole 1.



    Ganthole 1 tempatnya lebih nyaman dan view yang didapat juga lebih cantik. Waduk Gajah Mungkur terlihat sangat luas bagaikan lautan di bawah sana. Di tempat ini juga ada pemakaman kecil, entah makam siapa. Jadi, harap jaga sikap dan perkataan selama di Ganthole 1. Di tempat ini juga ada Batu Kembar yang berada di bawah nya. Ikuti saja jalan setapak melewati depan makam dan turun ke bawah, maka kita akan sampai di Batu Kembar. Disebut batu kembar karena 2 batu ini berdiri bersebelahan layaknya batu yang kembar. Batu ini sering sekali digunakan untuk berfoto selfie karena berada di atas bukit yang tinggi dengan view Waduk. Namun, tetap harus berhati-hati karena batu tersebut berada di ujung bukit.



    Rute menuju ke Ganthole sangat mudah. Dari Solo, ambil jalur menuju Waduk Gajah Mungkur. Setelah jembatan panjang sebelum waduk, ada jalan menanjak di sebelah kanan jalan yang bertuliskan Menara Filter. Ikuti saja jalan menanjak tersebut.

    Tiket masuk ke Ganthole sampai Three menulis artikel ini masih free. Hanya dikenakan tarif parkir per motor Rp 2.000,00 di Ganthole 1 dan Rp 2.000,00 di ganthole 2. Untuk segi fasilitas, di ganthole 1 dan 2 sudah disediakan toilet umum dan warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman. 

Related Posts:

0 Response to "Menikmati Indahnya Landasan Pacu Paralayang Ganthole Wonogiri"

Post a Comment