Indahnya Hutan Pinus Puncak Becici Dlingo, Bantul, Yogyakarta

Tempat wisata yang ngehits dan super keren di Yogyakarta ini namanya Puncak Becici. Disini, sobat akan disuguhi pemandangan alam yang teramat apik nan elok. Puncak Becici terletak di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Mutuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Nama Becici ini sebenarnya memiliki cerita sejarah tersendiri. Becici berasal dari gabungan kata "ambeg" yang berarti berdiam diri dan kata suci. Cerita tentang putra pendiri Desa Muntuk yang bertapa di bukit di bagian barat hutan pinus dan kemudian ingin di semayamkan di bukit yang sama ketika meninggal dunia.

Untuk menuju puncak Bukit Becici, sobat akan melewati hutan pinus yang apik, asri dan sangat alami. Hutan pinus ini dibuat sebagai tempat wisata atas swadaya masyarakat setempat. Di sepanjang jalan menuju puncak, ada banyak bangku-bangku panjang dari pohon pinus yang nyaman dan alami untuk sekedar duduk-duduk dan melepas lelah. Ada juga ayunan yang dibuat dengan memanfaatkan batang pohon pinus. Pohon-pohon pinus disini masih dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk disadap sehingga sobat bisa merasakan aroma pinus yang khas.

Setelah melewati hutan pinus becici, sobat akan menjumpai puncak gardu pandang yang luar biasa cantik. Banyak sekali pohon yang dijadikan tempat gardu pandang yang eksotik nan menawan. Tapi sayang nya, di gardu pandang tersebut tidak di sediakan alat pengaman apapun sehingga pengunjung harus extra hati-hati saat naik ke atas.
Dari puncak bukit becici tersebut, kita bisa melihat Gunung Merapi yang berdiri dengan gagahnya dan hamparan hutan Jogja yang hijau nan asri.

Rute ke Puncak Becici gak jauh beda sama rute ke Kebun Buah Mangunan. Dari Solo, melewati Jalan raya Klaten sampai perempatan Prambanan. Dari perempatan Prambanan, belok kiri melewati Candi Ratu boko sampai pertigaan, kemudian belok kiri melewati Gunung kidul sampai perempatan Patuk Gunung kidul belok kanan. Ikuti penunjuk arah menuju ke Dlingo dan ikuti penunjuk arah menuju ke Kebun Buah Mangunan. Sampai di pertigaan Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus, lurus aja ke hutan pinus. Sampai di pertigaan, ikuti papan penunjuk jalan ke puncak becici. Pintu masuk Puncak Becici ada di sebelah kanan jalan.

Untuk masuk ke tempat wisata puncak becici pengunjung tidak dipungut biaya. Hanya untuk parkir motor Rp 2.000 dan mobil Rp 10.000.