Grand Canyon - nya Wonogiri "Kedung Lumbung" atau "Air Terjun Mata Dewa" , Wonogiri



    Air Terjun Mata Dewa atau yang lebih dikenal sebagai Air Terjun Kedung Lumbung adalah air terjun alami yang berlokasi di Dusun Kedung Areng, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri Kota, Jawa Tengah. Tempatnya yang berada di bawah jembatan membuatnya tidak terlihat dan kurang terkenal. Air ini mengalir menuju Waduk Wonogiri melalui sungai di bawahnya.



    Untuk mencapai air terjun Kedung Lumbung, kita akan melewati semak belukar dan bebatuan yang cukup licin. Air terjun ini berada di ketinggian, untuk mencapainya kita harus benar-benar berhati-hati.



    Ada 2 cara untuk mencapai air terjun tersebut, cara pertama dengan memanjat batu besar dan lewat di atasnya. Cara ini sangat berbahaya karena batu yang licin dan berlumut. Namun, jika tidak ingin berbasah kuyup lebih baik dengan memanjat batu ini. Cara yang kedua dengan melewati kubangan kolam yang dalamnya kurang lebih sepinggang orang dewasa. Tapi, kalau musim penghujan tidak disarankan melewati kubangan ini karena arus yang cukup deras dari air terjun di atasnya dan berbahaya.



    Kedung Lumbung ini bisa juga disebut sebagai Grand canyon nya Wonogiri karena sisi-sisinya berupa bebatuan alami yang tergerus air dan menyerupai tebing. Tempat nya yang seperti mangkuk dan mengelilingi kolam air terjun menjadikannya daya tarik tersendiri.

    Fasilitas di sini sama sekali tidak ada karena memang bukan tempat wisata dan belum terlalu dikenal. Hanya ada tempat parkir di samping warung dengan tarif Rp 2.000,00 per motor. Jika ingin ke toilet, bisa numpang ke warung karena tidak ada toilet umum.



    Untuk mencapai tempat ini sangatlah mudah. Ambil jalur menuju Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Sebelum waduk terdapat jembatan panjang, setelah jembatan ada warung di sebelah kanan jalan. Parkirkan saja motor kita di warung tersebut.

Related Posts:

3 Responses to "Grand Canyon - nya Wonogiri "Kedung Lumbung" atau "Air Terjun Mata Dewa" , Wonogiri"

  1. bagus tempatnya, cuman sayang akses buat kesitu masih belum ada, lumayan susah juga yah kalau mau kesitu

    ReplyDelete
  2. Iya kak, jalan nya masih jelek.. Tidak di sarankan kesana saat musim hujan, jalan nya becek, super licin dan aliran airnya cukup deras

    ReplyDelete