Air Terjun yang Cantik dan Perawan "Air Terjun Banyu Nibo, Manyaran, Wonogiri"




    Tak ada yang mudah untuk mencapai sebuah kesuksesan. Peribahasa yang pas untuk menggambarkan betapa sulit dan berbahaya nya jalan menuju Air Terjun Banyu Nibo di Wonogiri. *eh nyambung gak sih sebenernya??* Tapi beneran deh, medan untuk mencapai air terjun ini begitu menantang dan ekstrim.

    Air Terjun Banyu Nibo terletak di Dusun Ngluwur, Kepuhsari, Mayaran, Wonogiri, Jawa Tengah. Namun, ada juga yang beranggapan bahwa Air Terjun ini berada di Karangsari, Semin, Gunungkidul, Yogyakarta karena memang letaknya yang berada di perbatasan Wonogiri-Jogja.

    Air terjun yang satu ini emang masih sangat alami dan asri, cool banget deh. Buat para muda mudi yang lagi kasmaran, cocok banget nih tempat buat pacaran. Selain sepi, asri dan sejuk, air terjun ini juga cantik banget. Tapi harus tetep jaga sikap yaa, aturan dan etika hatus diutamakan.


    Kenapa di namakan Banyu Nibo? Banyu Nibo artinya air yang jatuh dari ketinggian, karena emang air terjun ini jatuh dari ketinggian sekitar 50 meter dan langsung mengenai batu hitam besar yang berada tepat di bawahnya. Keren banget deh, Sumpah!



    Di sekitar air terjun, terdapat banyak sekali batu-batu besar berwarna hitam. Air ini mengalir menuju sungai yamg berada dibawah nya dan dialirkan ke sawah-sawah penduduk. Harap hati- hati saat bermain air di sini karena batu-batu nya yang sangat licin dan berlumut. Disini, kita juga bisa mendengar kicauan burung yang sedang asik bernyanyi seakan mengatakan ucapan selamat datang kepada setiap pengunjung yang datang. Dari sini, kita juga bisa melihat pemandangan pegunungan yang menjulang tinggi dengan kokohnya di kejauhan.



    Fasilitas di tempat ini belum begitu memadai sobat, hanya ada sebuah gazebo kecil dan 2 WC umum di sekitar air terjun. Sepeda motor kita pun hanya diparkirkan di pinggir jalan, jadi harap mengunci stang kendaraan sobat dan menitipkan helm ke mas-mas yang jaga parkir biar lebih aman. Dari parkiran ini, sobat akan naik ke atas terasering sawah dan melewati  "galengan" atau pematang sawah. Sobat akan melewati pematang sawah kira-kira sejauh 200 meter, capek memang tapi itu semua akan tergantikan ketika sobat sudah melihat indahnya air terjun dari kejauhan.



    Di sepanjang jalan pematang sawah, tidak ada pengaman sama sekali. Harap berhati-hati dan waspada ya sobat, karena pematang sawah yang sempit dan cukup licin. Three saranin untuk menggunakan sepatu atau sandal gunung biar lebih aman dan nyaman.



    Rute untuk menuju ke Air Terjun terbilang cukup mudah. Jika dari Yogyakarta, mengambil arah ke timur menuju Gunungkidul. Sampai Wonosari, perempatan Pemda belok kiri, ambil arah ke timur yaitu menuju Karangmojo. Sampai perempatan pasar Karangmojo, belok kiri menuju Semin. Nah, sampai Pasar Semin bisa lurus ke timur mengikuti jalan ke Karangsari. Sampai Karangsari tanya arah ke dusun Ngluwur.

    Kalau dari Wonogiri, ambil jalan arah Pracimantoro. Sampai di Manyaran, ikuti saja papan penunjuk jalan menuju ke air terjun Banyu Nibo. Loksainya berada di pedesaan dan di atas gunung.

    Sekitar 500 meter sebelum parkiran motor, kita akan disambut Gapura Selamat Datang di Air Terjun Banyu Nibo dan kita akan diminta membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,00 setiap orang dan Rp 2.000,00 untuk tarif parkir motor.



    Sebelum pergi kesini, pastikan dulu motor dalam kondisi fit dan cukup bensin karena setelah memasuki area pedesaan, sobat tidak akan menemukan bengkel ataupun penjual bensin eceran. Jalan nya luar biasa sekali sobat, sempit, terjal, nanjak dan berbatu. Harus benar-benar hati-hati dan konsentrasi tingkat tinggi deh buat menuju ke tempat ini. Apalagi kalau berpapasan sama sepeda motor atau mobil dari arah berlawanan, salah satu harus mengalah.



    Three saranin juga untuk tidak datang kesini setelah hujan turun, selain jalannya yang ekstrim tadi juga jalan akan menjadi licin dan semakin berbahaya. Semoga saja pemerintah segera memperbaiki jalan dan akses menuju ke Air Terjun Banyu Nibo agar lebih mudah dilalui. Semoga..

Related Posts:

3 Responses to "Air Terjun yang Cantik dan Perawan "Air Terjun Banyu Nibo, Manyaran, Wonogiri""

  1. artikelnya bgus, ijin share di https://ksmtour.com terimakasih

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete